Pemkab Bangka dan PWI Babel Berupaya Melestarikan Lingkungan dan Selamatkan Sumber Air Baku Masyarakat

SUNGAILIAT, Babelsatu.com – Dalam rangka HUT ke 23 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan dalam rangka HUT ke 32 PDAM Tirta Bangka, Pemerintah Kabupaten Bangka berkolaborasi dengan PWI Bangka Belitung dalam kegiatan Penanaman Pohon Kayu Putih di Dam l Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka, Kamis (28/12/2023).

Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah dan upaya dalam pelestarian lingkungan dan guna menjaga dan menyelamatkan sumber air baku PDAM yang sempat dirambah oleh aktivitas tambang timah ilegal.

Bacaan Lainnya

PJ Bupati Bangka, M Haris mengatakan, sudah banyak laporan yang dirinya terima terkait aktivitas tambang di sekitar sumber air baku PDAM. Ia juga mengatakan telah memerintahkan Satpol PP untuk melakukan penertiban terkait aktivitas tambang di sekitar sumber air baku itu.

“Informasi yang saya dapatkan dari masyarakat luar ada yang menambang di sekitar sini, kami juga beberapa melakukan penertiban karena ini sumber air baku dan kami melihat sendiri di rumah dinas kalau air di rumah Bupati airnya coklat apa lagi di rumah warga dan banyak laporan ke kami melalui saluran pelaporan kami di lapmas,” ujarnya.

Menghadapi para penambang yang nakal, M Haris, PJ Bupati Bangka, sempat mendirikan pos jaga dan meminta seluruh anggota SatPol PP bergilir dalam menjaga di pos jaga untuk mencegah kembalinya para penambang nakal.

“Kami tertibkan siang oleh SatPol PP malemnya mereka bekerja, kami tertibkan malam paginya bekerja. Saya dirikan pos saya minta seluruh anggota SatPol PP giliran bertugas atau piket menjaga tapi tidak mungkin pos itu selamanya berdiri di sini karena lumayan jauh dan juga banyak tugas lain yang harus kita kerjakan. Oleh karena itu kami terbit ide berdiskusi dengan teman-teman PDAM dan teman-teman PWI untuk mari kita bersama-sama menanam,” imbuhnya.

Sementara dikesempatan dan tempat yang sama, PJ Gubernur Babel, Safrizal ZA, mengatakan akan membentuk satgas tanam dan akan melakukan kegiatan tanam besar di tahun depan.

“Mungkin tahun depan kita persiapkan menanam, tanam besar, tanam raya, provinsi Bangka Belitung bentuk satgas tanam nanti kabupaten/kota bikin satgas tanam. Hari ini mungkin kita tanam di seputaran kolong ini, dan saya beritahu hari ini ada dua belas ribu lagi kolong. Jadi kalau satu hari ini kita tanam baru satu dari seper dua belas ribu,” tuturnya.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan pakta integritas yang ditandatangani oleh PJ Gubernur Babel, PJ Bupati Bangka, Kapolda Babel, Ketua PWI Babel, Dirut PDAM Tirta Bangka, Danrem 045/Gaya dan stakeholder lintas sektor. (nov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *