Festival Budaya Telok Herujo, Bupati Riza Herdavid Minta Terus Dijaga

AIRGEGAS, Babelsatu.com – Kembali, Kecamatan Airgegas menggelar Festival Budaya Ngarak Telok Herujo Tingkat Kecamatan Airgegas Tahun 2024 dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-21 Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (30/4/24) di Halaman Kantor Kecamatan Airgegas.

Turut hadir Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP bersama Istri Hj. Elizia Riza Herdavid, S.E, Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan beserta rombongan Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan beserta tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Adapun tujuan Kegiatan Karnaval Ngarak Telok Herujo ini antara lain untuk menumbuhkan UMKM Desa di Kecamatan Airgegas, meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, meningkatkan kreasi seni masyarakat, menumbuhkan nilai-nilai sejarah dan petuah dari orang tua dahulu, dan melestarikan budaya Ngarak Telok Herujo yang merupakan salah satu warisan budaya di Kecamatan Airgegas yang sudah diakui nasional dan mendapatkan sertifikat, serta sekaligus mempererat tali silaturahmi.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP mengatakan bahwa Festival Ngarak Telok Herujo ini adalah salah satu upaya untuk mempromosikan dan melestarikan warisan budaya.

“Mempromosikan dan melestarikan budaya sangatlah penting, apalagi Kabupaten Bangka Selatan terdiri dari banyak daerah dengan adat budaya yang beragam, keaneragaman ini tentunya bisa jadi icon bagi Bangka Selatan dan bisa menarik minat bagi wisatawan yang penasaran dengan adat serta budaya yang tidak dimiliki daerah lain, salah satunya “Ngarak Telok Serujo,” imbuh Bupati Riza Herdavid.

Bupati Riza Herdavid berharap ditahun depan dan ditahun-tahun berikutnya Festival Budaya Ngarak Telok Herujo terus dilaksanakan dengan lebih dan semakin meriah lagi sehingga warisan budaya ini dapat terus dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya.

“Semoga di tahun depan dan ditahun-tahun berikutnya para peserta Ngarak Teluk Herujo ini lebih meriah lagi, baik dari bentuk hiasan dari Telok herujo yang lebih meriah dan juga berbagai penampilan tarian bisa di tampilkan dengan lebih meriah juga,” ungkapnya.

Sementara, Camat Airgegas Imam Mubarak memyampaikan bahwa jumlah peserta yang mengikuti Festival Ngarak Telok Herujo Tahun 2024 ini sebanyak 42 peserta yang terdiri dari TK Paud, SD, SMP, SMA maupun dari Desa di Kecamatan Airgegas.

“Tahun ini jumlah pesertanya sebanyak 42 peserta. Bukan hanya anak sekolah saja yang menjadi peserta tetapi ada juga dari perwakilan desa di se-Kecamatan Airgegas, dengan menampilkan ciri khas hiasan dari desa masing-masing sesuai kreativitas mereka, karena memang hasil karya mereka ini juga akan dinilai,” ujarnya.

Tak lupa Imam Mubarok mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan Kebudayaan Festival Ngarak Telok Herujo tersebut.

“Terima kasih kepada Pak Bupati, Polres Basel, Kejari Basel, Kodim 0432/Basel, Polsek serta ketua APDESI dan kades – kades di Kecamatan Airgegas yang sudah hadir ikut mensukseskan kegiatan kebudayaan ini. Kedepan, Kebudayaan Ngarak Telok Herujo ini nantinya akan di kaji bersama dinas terkait, karena dari pandangannya kebudayaan ini juga bisa menarik minat wisatawan jadi perlu diagendakan agar momentnya pas dengan kunjungan wisatawan,” tutupnya.

Terlihat Masyarakat Kecamatan Airgegas dan juga masyarakat luar sangat antusias sekali menyaksikan Festival Budaya Ngarak Telok Herujo yang diselenggarakan dengan kategori tingkat Taman Kanak-kanak atau sederajat, Sekolah Dasar atau sederajat, Sekolah Menengah Pertama atau sederajat, dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat, serta ketegori pemerintahan desa dan umum yang banyak menampilkan berbagai bentuk hiasan dari Telok herujo. (nov)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *